Ramalan Bikin Penasaran

Assalamu'alaykum gaes, apa kabar? Semoga kalian selalu baik-baik aja, dan semoga selalu berada dalam lindungan Allah SWT, aamiin. Oh iya, gimana nih keseharian kalian sejak #stayathome dulu untuk beberapa minggu? Hehe, walaupun di rumah tetap semangat, tetap produktif, and banyakin lagi amalan sholeh nya ya. Btw, ini lagi nasehatin diri sendiri 😅.

Ya sekian dulu pembukaannya, sekarang kita lanjut ke pembahasan utamanya.

Jadi kali ini, aku mau nge-bahas soal RAMALAN, you know gaes? Ramalan. Dulu waktu beli majalah remaja, suka ada kan tuh di halaman paling akhir, ramalan zodiak kek gitu. Biasanya, pembaca suka baca halaman tentang zodiak dulu sebelum membaca hal yang lain tuh (btw itu pengalaman pribadi 😂) And you know? Sekarang yang lagi nge-hype dikalangan anak muda bukan cuma ramalan zodiak loh, tapi ada hal lain juga yang bisa di ramal, apa itu? Yap, nge-ramal nama sendiri atau orang lain lewat aplikasi atau situs yang ada di internet. Disebutnya bukan nge-ramal sih, tapi cari tahu tentang kepribadian seseorang dari namanya, tapi ya tetap aja itu jatohnya ke ramalan 😊.

Trus, salah gitu kalau kita cari tahu tentang zodiak atau kepribadian kita lewat nama di aplikasi dan situs? Eeeeem (1 minutes latteeeer)

Maybe, diluar sana ada yang beranggapan main kek ginian tuh cuma untuk menuntaskan rasa penasaran, atau cuma cari kesenangan, atau cuma iseng doang. But, bagaimana kalau ramalan dari zodiak dan nama kita sesuai dengan fakta yang ada? Gak mungkin kita bakalan bilang gini, "Ah so tahu kamu." GAK MUNGKIN, besar kemungkinan kita akan meng-iyakannya, "Eh iya", "Ih bener, kok bisa sesuai banget sama diri gue, sama kepribadian gue, sama kehidupan gue", "Ih kok serem sih, masa gue bakalan ketiban sial", Hem, kisah cinta gue emang menyedihkan, gak salah nih", dst.

Kalau kita sampai percaya sama ramalan, dan bahkan sampai meyakininya. Maka akibatnya akan fatal gaes.

Syaikh Sholih Alu Syaikh hafizhohullah mengatakan, “Jika seseorang membaca halaman suatu koran yang berisi zodiak yang sesuai dengan tanggal kelahirannya atau zodiak yang ia cocoki, maka ini layaknya seperti mendatangi dukun. Akibatnya cuma sekedar membaca semacam ini adalah tidak diterima shalatnya selama empat puluh hari. Sedangkan apabila seseorang sampai membenarkan ramalan dalam zodiak tersebut, maka ia berarti telah kufur terhadap Al Qur’an yang telah diturunkan pada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (Lihat At Tamhid Lisyarh Kitabit Tauhid oleh Syaikh Sholih Alu Syaikh pada Bab “Maa Jaa-a fii Tanjim”, hal. 349)

Gimana, gak mau percaya lagi sama hal kek gituan? Harusnya sih gitu, inget gaes ada satu dalil yang nyambung banget sama apa yang lagi kita bahas, yuk cek:

“Katakanlah, “Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah.” (QS. An Naml: 65)

Jadi jangan mudah percaya lagi ya, sebab kebenaran hanya milik Allah dan Rasul-Nya 🤗. Belum end, pesen aku kalau ada hal-hal yang lagi booming, atau lagi nge-hype, jangan langsung diikutin, tapi cek dulu, apakah hal itu menyalahi aturan Allah atau gak. Always selektif dalam berbagai hal oke. Wassalamu'alaykum ❤️

Komentar

Postingan Populer